Mungkin saat ini anda mempunyai rencana ingin membuat web toko online atau anda telah punya namun masih mencari hal yang perlu ditingkatkan dari web anda agar lebih optimal. Fasilitas apa sajakah yang sebaiknya dimiliki oleh sebuah situs toko online sehingga dapat mempermudah pengunjung dan mencapai tujuan usaha kita berjualan di internet? Berikut daftar fitur web toko online yang baik:
- Kategori
Mengelompokkan produk sesuai dengan kategori dan dapat juga menggunakan semacam Tags untuk sifat produk yang dapat digolongkan ke dalam beberapa kategori. Penempatan daftar kategori agar mudah diakses pengunjung. - Navigasi yang Baik
Penempatan navigasi atau menu untuk beralih ke halaman lain sangant penting. Dan untuk web toko online navigasi ke halaman Keranjang Belanja (Cart) harus selalu dapat ditemukan dengan mudah. - Pencarian Produk
Kotak pencarian yang dapat diakses dengan mudah dari setiap halaman yang dapat memudahkan pengunjung menemukan produk yang mereka cari. - Produk Spesial
Menampilkan pada utama pertama paling atas produk mana yang paling laris atau produk yang mempunyai diskon atau produk yang sedang promo. - Produk Serupa dan Produk yang Berhubungan
Menampilkan produk yang serupa dengan atau produk yang menjadi pelengkap dari produk yang sedang ditampilkan dan dilihat oleh pengunjung. Ini dapat mendorong kemungkinan pengunjung membeli lebih dari satu item. - Fasilitas Perbandingan Produk
Fasilitas ini untuk mempermudah pengunjung mengambil keputusan barang mana yang lebih baik untuk mereka. Dengan menampilkan dua sampai empat produk dalam satu halaman lengkap dengan spesifikasi masing-masing sehingga dapat langsung dibandingkan kelebihan dan kekurangannya. - Fasilitas Item Favorit
Ketika pengunjung melakukan penelusuran produk menemukan produk yang menurutnya menarik maka dapat menambahkan/menyimpan produk tersebut ke dalam daftar item favoritnya dan tetap dapat melanjutkan browsing produk lainnya. - Informasi Pengiriman
Menginformasikan sejelas mungkin bagaimana kita akan mengirimkan barang kepada pembeli , jasa kurir beserta nama kota, biaya serta waktu pengiriman sehingga pembeli dapat mengetahui kapan barangnya akan tiba. - Fasilitas Newsletter
Menyediakan fasilitas yang memungkinkan pengunjung untuk memasukkan data email mereka bila mereka ingin selalu mendapatkan kabar terbaru dari kita seperti misalnya produk baru atau penawaran spesial , promo diskon dan bahkan ucapan hari. Sehingga kita dapat membangun daftar prospek lewat email. Selalu secara periodik dan musiman berkirim newsletter agar para mereka selalu mendapatkan informasi terkini tentang produk dan usaha kita. - Zoom Image Produk
Fasilitas ini baik dilengkapi pada halaman detail produk pengunjung dapat memperbesar bagian pada gambar produk seperti mereka meraba langsung dan melihat dari dekat produk tersebut. - Galeri Produk dan Gambar Varian
Bila suatu produk memiliki banyak varian warna atau corak atau kombinasi bahan, maka akan sangat baik bila menyertakan semua gambar varian yang dimiliki sebuah produk sehingga seperti berbelanja langsung, pengunjung mempunyai gambaran jelas produk yang dipilihnya. - Registrasi dan Login Pelanggan
Bila suatu saat pembeli ingin berbelanja lagi, maka tidak harus memasukkan lagi detail mereka karena telah teregistrasi pada saat pembelian pertama. Mereka tinggal login dan lebih cepat Checkout Belanja. - Pendukung Pembayaran
Integrasi pembelian dengan payment gateway secara otomatis sangat memudahkan kita maupun pembeli. Namun bila sistem menggunakan Bank Transfer maka sediakan informasi dan langkah pembayaran yang jelas. - Koneksi ke Social Media
Kita dapat menggunakan situs jaringan sebagai sistem support pelanggan, berinteraksi dengan pelanggan mereka untuk bertanya yang berkaitan dengan pesanan mereka. Baik untuk menjaga hubungan dengan para pelanggan dan calon pelanggan. - Template Responsif
Template web mudah menyesuaikan dengan banyak peralatan dan browser baik itu untuk di komputer biasa, tablet maupun smartphone.
Semoga Beberapa Fitur Yang Sebaiknya Dimiliki Web Toko Online di atas bermanfaat.